Rezka Nayatama

cropped-cropped-cropped-logo-rezka-transparent-1.png

10 Fakta Menarik Porang yang Perlu Kalian Ketahui

1. Tumbuhan yang berbeda

Walau berasal dari famili yang sama mereka adalah tumbuhan yang berbeda. Konjac yang merupakan tanaman asli dari Jepang memiliki nama latin Amorphophallus Konjac, sedangkan porang yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri blume merupakan tanaman asli dari Indonesia.

2. Toleran

Tanaman Porang memiliki sifat yang tahan terhadap naugan sehingga dapat dibudidayakan di hutan industri.

3. Glucomannan

Kandungan Glucomannan pada tanaman Porang jauh lebih tinggi dibanding umbi jenis lainnya yaitu mencapai 55%.

4. Amunisi Kesehatan

Tepat dijadikan alternatif untu bahan tepung dikarenakan kandungan Glucomannan. Saat diolah Glucomannan dapat berubah menjadi pengental alami.

5. Gula Darah

Glucomannan bekerja dengan menekan produksi hormon ghrelin, dengan ini dapat membantu pengendalian nafsu makan dan memperlambat  penyerapan karbohidrat.

6. Panen

Panen tanaman Porang dilakukan pada awal musim hujan atau akhir musim kemarau.

7. Morfologi

Ciri-ciri dari tanaman Porang adalah daun yang lebar, ujung daun runcing dan berwarna hijau muda dengan kulit batangnya yang halus berwarna belang hijau dan putih.

8. Tepung Porang

Manfaat lain dari tepung Porang adalah biasanya digunakan sebagai pakan ternak, pengikat air, atau pembentuk gel.

9. Bukan Alternatif

Bagi kita yang berada di Indonesia, Porang bukan lagi hanya menjadi alternatif tetapi betul-betul bisa menjadi pilihan dari shirataki karena kedua nya memiliki benefit yang sama. Dengan memilih Porang kita pun dapat membangkitkan ekonomi lokal.

10. Media Lokal

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo, meyakini bahwa Porang bisa menjadi komoditas ekspor baru yang dapat memberikan keuntungan besar.